..Fenomena ISL

Posted: November 12, 2008 in General
Tag:, , ,

Blum tepat 4 bulan sejak pemutaran awal di Stadion jakabaring-Palembang ,Indonesian Super League 2008
dah memasuki penghujung Putaran I. Tapi bukan dengan sukacita seluruh elemen sepakbola nas menyambut gelaran ini, tapi cuamn tidak pantas. Sebab masa krusial sudah mulai melanda sebagaian besar Klub . Sebut saja Seperti PERSIK kediri, Persija Jakarta, Deltras Sidoarjo, PSM Makassar. Mereka ini dah kebingungan dalam masalah finansial untuk dapat mengarungi putaran kedua. Mulai masalah gaji pemain yang tak kunjung lancar, prakiraan biaya Akomodasi putaran kedua, dll mengharuskan mereka memilih opsi opsi terburuk .Sperti memPHK pemain2 bintangnya atau merektuasi gaji pemain , atau TERBURUKNYA mundur dari ISL tahun ini.

L Apakah ini menandakan antiklikmaks dari Superliga yang dulu sangat ditunggu oleh semua kalangan utamanya PSSI. Padahal Kita baru saja membuka gerbang industrialisasi sepakbola Indonesia. Bila musim awal saja seperti ini , Bagaimana mau cepat berkembang …? Jika 10 pertandingan saja dah keok. Pertanyaan nya ada 3 :

  • Kenapa klub2 jadi serba kesulitan pada masalah finansial. Apa gunanya status Badan Hukum ?

Padahal seluruh klub dah ngotot memperjuangkan 5 syarat tuk menyandang gelar Klub Berstandar Internasional pada saat pra Musim. Pengorbanannya kan tidak sedikit muali dari renovasi stadion Miliaran Rupiah, Proses Administrasi menjadi Badan Hukum (PT), Mencari Sponsor yang ternyata tidak semua klub berhasil.

  • Mana Konsistensi dari para Sponsor, apakah mereka cuman nitip Logo saja ?

Sponsor ini bisa jadi Pemda atau pihak ketiga. Apakah mereka dan BLI  tidak memperhitungkan A -Z selama semusim ISL sebelumnya , Sehingga hal pelik ini bisa muncul .

  • Bagaimana yaa kira – kira Jalannya Putaran kedua kalo pemain pada diturunkan gajinya ?

ISL 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s